Pada dasarnya antara Blog NoFollow dan Blog DoFollow mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing., (karena memang tidak ada yang sempurna didunia ini..), dan perlu diketahui bahwa dibalik kekurangan itu, ada banyak kelebihan atau keuntungan yang kadang tidak disadari...
Dari penjelasan ewa yang super diatas, mungkin ada sobat yang bertanya-tanya,, apa sih sebenarnya pengertian serta kelebihan dan kekurangan blog Nofollow dan blog Dofollow itu??. lewat postingan blog tutorial kali ini, ewa akan mencoba untuk memberikan sedikit penjelasan.
Pengertian Blog NoFollow 
Perlu diketahui bahwa secara default setingan dasar dalam sebuah blog atau website itu adalah Nofollow., (rel="nofollow") atau (rel="external nofollow). Nofollow merupakan atribut HTML dalam sebuah blog yang fungsinya untuk memerintahkan search engine seperti Google agar tidak melihat sebuah link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya. Namun bukannya link ini tidak terpengaruhi oleh seo,. Jadi, bila sobat melakukan blogwalking dan sobat meninggalkan jejak disana dengan berkomentar ataupun tukar link dengan blog yang menganut sistem Nofollow, maka link url blog sobat yang sudah ditanam di blog tersebut tidak akan ditelusuri atau dihitung oleh search engine. Tapi link sobat tetap ada dan tetap berfungsi sebagai mana mestinya., hanya saja tidak di telusuri oleh search engine. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tingginya aktivitas spam pada mesin pencari dan mencegah terjadinya spamdexing. Bisa dibilang bahwa komentar-komentar sobat yang ada pada blog Nofollow, tidak akan mendapatkan backlink., dimana, semua blogger tahu bahwa backlink tersebut sangat diperlukan untuk mendongkrak Page Ranknya... 
  • Kelebihan Blog Nofollow:
1. Selain untuk mencegah terjadinya spaming hal ini juga untuk menghindari terjadinya penggemukan link yang rusak dan terlarang.
2. Pagerank yang kita dapat lebih stabil. Tidak cepat naik atau turun. Walau dalam beberapa kasus ada juga blog doFollow yang pageranknya bagus dan stabil.
3. Untuk komentar yang masuk pasti lebih nyambung alias tidak keluar dari topik yang sedang dibahas.
4. Blog yang default lebih disenangi oleh search engine seperti Google, Yahoo, Bing, dll., karena selain konten isi blognya orisinil, blog tersebut juga SEO friendly.
5. Lebih fleksibel melakukan blogwalking untuk menjalin silaturahmi atau pertemanan dan bertukar link tanpa harus terikat atau pilih-pilih. Sehingga lebih interaktif.
  • Kekurangan Blog Nofollow:
1. Blog bisa dibilang akan sepi pengunjung, yang berpengaruh terhadap peningkatan trafik yang biasa-biasa saja, atau tidak terjadi peningkatan trafik yang sangat tajam.
2. Jarang atau tidak ada yang memberi komentar, kecuali postingan yang berkualitas/bermanfaat.Walau terkadang postingan yang bermanfaat pun tidak menjamin banyak dikomentari. Tapi dalam beberapa kasus, tidak sedikit blog NoFollow yang postingannya ramai komentar.
Pengertian Blog DoFollow
Dofollow merupakan kebalikan dari Nofollow., DoFollow adalah istilah dalam Blog/Website yang jika kita memberikan komentar pada Blog tersebut maka Link yang kita masukan saat berkomentar itu akan dianggap sebagai Backlink oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dll. Blog DoFollow ini biasanya banyak dicari oleh para pemburu Backlink untuk menaikkan Pagerank Blog mereka (seperti halnya ewa saat ini., lagi sibuk mencari..).


  • Kelebihan Blog Dofollow:
1. Keuntungan bagi pemberi komentar sudah jelas akan mendapatkan backlink. tentunya ini merupakan tambahan poin untuk meningkatkan pagerank suatu blog.
2. Keuntungan bagi pemilik blog adalah bertambahnya pengunjung, sehingga bisa meningkatkan traffic, peringkat Rank Alexa turun drastis...
3. Dengan bertambahnya komentar yang semakin banyak, maka semakin terlihat ke eksisan kita.("meskipun kebanyakan SPAM")
4. Blog kita akan lebih dapat perhatian lebih dan akan sering dicari oleh blogger pencari blog DoFollow.
5. Biasanya pemilik Blog doFollow akan dianggap sebagai orang yang ramah dan dermawan karena mau berbagi backlink secara gratis.. Itu benar sobat., karena kita hidup didunia tidak lain untuk "berbagi".
6. Dan yang terpenting adalah masalah kepuasan karena tulisan kita diperhatikan oleh orang lain (terkadang).
  • Kekurangan Blog Dofollow:
1. Tidak begitu disukai oleh search engine seperti Google, karena memberikan link keluar yang terlalu banyak.,bisa jadi blog atau website tersebut dianggap link farm (peternakan Link). akibatnya blog kita bisa dihapus dalam daftar mesin pencari atau minimal Google hanya mengindeks sebagian halaman blog kita. Tentu saja ini akan membuat pengunjung dari Google berkurang atau bahkan tidak ada. Dan tidak menutup kemungkinan pagerank blog kita pun malah turun. Tapi itu tidak menjadi masalah bila niat kita memang untuk berbagi...
2. Biasanya karena banyaknya komentar yang masuk, pemilik blog tidak bisa atau jarang melakukan kunjungan balik ke blog komentator. tapi ini bisa dimaklumi karena telah memberikan backlink sebagi gantinya.
3. Rawan diserang spammer yang menginginkan backlink gratis. Biasanya mereka membuat komentar ala kadarnya yang penting mereka memasang link pada blog kita. Tapi ewa yakin dan percaya.., pengunjung di blog ini adalah pengunjung atau blogger yang BERETIKA.
Setelah memahami penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan blog Nofollow dan blog Dofollow., kini pilihan ada ditangan sobat.., tinggal sobat yang bisa memutuskan tetap menjadi Blog Nofollow atau merubahnya menjadi Blog Dofollow?? Seperti blog ewabloggerock ini yang sekarang menjadi BLOG DOFOLLOW (U COMMENT I FOLLOW).!!!
Bila ada sobat yang berinisiatif untuk merubah blognya yang Nofollow menjadi blog Dofollow., silahkan ikuti postingan ewa berikutnya., Mengubah Blog NoFollow menjadi DoFollow (U COMMENT I FOLLOW)...

Description: Perbandingan Blog NoFollow dan Blog DoFollow
Rating: 4.5

Related Post



2 komentar:

cHykoe said...

ini yang chykoe cari2..
tips dan info yang sangat bermanfaat nih..
thanx ya...
http://www.chykoemoo.com/

Rockeryck said...

@cHykoe: ok sobat...

Post a Comment