Untuk sejenak saya tinggalkan dahulu postingan saya tentang tutorial blog ataupun Trik dan Tips Komputer, karena di artikel kali ini saya akan berbagi sedikit kisah dan cerita tentang Legenda 10 Kapal Hantu Menyeramkan Di Dunia. 

1. Kapal THE FLYING DUTCHMAN

Menurut cerita dongeng, The Flying Dutchman adalah kapal hantu yang tidak akan pernah bisa berlabuh, tetapi harus mengarungi "tujuh lautan" selamanya. Flying Dutchman selalu terlihat dari jauh, kadang-kadang disinari dengan cahaya hantu.
Banyak versi dari cerita ini. Menurut beberapa, cerita ini berasal dari Belanda, sementara itu yang lain meng-claim bahwa itu berasal dari sandiwara Inggris The Flying Dutchman (1826) oleh Edward Fitzball dan novel "The Phantom Ship" (1837) oleh Frederick Marryat, kemudian di adaptasi ke cerita Belanda "Het Vliegend Schip" (The Flying Ship) oleh pastor Belanda A.H.C. Römer. Versi lainnya termasuk opera oleh Richard Wagner (1841) dan "The Flying Dutchman on Tappan Sea" oleh Washington Irving (1855).
Berdasarkan dari beberapa sumber, Kapten Belanda pada abad ke 17 Bernard Fokke adalah contoh dari kapten kapal hantu tersebut. Fokke mendapatkan kemasyhuran atas perjalan dari Belanda ke Jawa dengan kecepatan yang luar biasa dan dicurigai mempunyai ikatan dengan Iblis untuk meningkatkan kecepatannya. Berdasarkan dari beberapa sumber, kapten tersebut dipanggil dengan Falkenburg didalam cerita versi Belanda. Dia dipanggil dengan "Van der Decken" (artinya off the deck|Diatas Geladak) dalam versi Marryat's dan "Ramhout van Dam" dalam versi Irving's. Sumber tidak setuju bahwa "Flying Dutchman" adalah nama dari kapal atau nama panggilan untuk sang kapten.
Menurut banyak versi, sang kapten berjanji bahwa dia tidak akan mundur pada saat badai, tapi akan melanjutkan usahanya untuk mencari Cape of Good Hope walaupun sampai hari kiamat. Menurut beberapa versi, kejahatan yang mengerikan telah terjadi, atau awak kapalnya telah tertular oleh wabah penyakit pes dan tidak diijinkan untuk berlabuh di seluruh pelabuhan. Sejak itu, kapal dan awaknya dihukum untuk selalu berlayar, tidak pernah kedarat. Menurut beberapa versi, ini terjadi pada tahun 1641, yang lain menebak tahun 1680 atau 1729.

Banyak catatan persamaan dari Flying Dutchman dengan kisah umat Kristen The Wandering Jew.

Terneuzen (Belanda) disebut sebagai rumah sang legenda Flying Dutchman, Van der Decken, seorang kapten yang mengutuk Tuhan dan telah dihukum untuk mengarungi lautan selamanya, telah diceritakan dalam novel karya Frederick Marryat - The Phantom Ship dan Richard Wagner opera.

Beberapa saksi penampakan The Flying Dutchman :

  • 1823 Kapten Oweb dari kapal HMS Leven; dua kali melihat kapal kosong yang terombang ambing di tengah samudera, salah satunya mungkin the Flying Dutchman.
  • 1835 Sebuah kapal Inggris sempat melihat The Flying Dutchman yang melaju kencang ke arahnya tapi setelah dekat menghilang begitu saja.
  • 1879 Beberapa awak kapal SS Petrogia sempat melihat kapal hantu tersebut.
  • 1881 3 awak kapal HMS Baccante yang di dalamnya terdapat King George V melihatnya. Keesokan harinya seornag awak yang sempat melihat tiba2 mati secara mendadak.
  • 1939 Terlihat di Mulkenzenberg, membuat orang2 yang melihatnya bingung karena tiba2 saja kapal tua itu menghilang begitu saja.
  • 1941 Terdapat laporan dari Pantai Glenclaim tentang sebuah kapal tua yang menabrak karang. Setelah diselidiki tak ada sedikitpun bangkai kapal di sekitarnya.
  • 1942 Terlihat oleh kapal MHS Jubille di dekat Cape Town, Afrika selatan
2. Kapal OURANG MEDAN
 
Cerita tentang Kapal Medan Ourang dimulai pada tahun 1947, berawal ketika dua kapal Amerika menerima panggilan darurat saat menavigasi Selat Malaka, lepas pantai Malaysia. Si penelepon memperkenalkan diri sebagai anggota awak Kapal Ourang Medan, sebuah kapal Belanda, dan seharusnya menyatakan bahwa kapten kapal dan awak semua mati atau sekarat. Pesan yang di ucapkannya menjadi campur aduk dan aneh sebelum suaranya melemah dan berakhir dengan kata-kata: “aku mati.” Setelah mendengar pesan itu, semua Kapal-kapal lekas meluncur ke tempat kejadian untuk membantu.
Dan ketika mereka tiba, mereka menemukan bahwa Ourang Medan tidak mengalami kerusakan, namun seluruh awak kapal, bahkan anjing-sudah mati, tubuh dan wajah mereka terkunci dalam pose dan ekspresi ketakutan, dan banyak menunjuk pada sesuatu yang tidak ada di sana.
Sebelum para penyelamat dapat menyelidiki lebih lanjut, kapal misterius terbakar, dan mereka harus mengungsi. Segera setelah itu, Medan Ourang dikatakan telah meledak dan kemudian tenggelam.
Sementara rincian dan keseluruhan kebenaran dari kisah Medan Ourang masih banyak diperdebatkan, ada beberapa teori yang diusulkan mengenai apa yang mungkin telah menyebabkan kematian para awak kapal. Yang paling populer adalah bahwa kapal itu secara ilegal mengangkut nitrogliserin atau semacam obat yang memiliki efek luar biasa untuk melebarkan pembuluh darah atau saraf, dan tidak terlalu aman bila merembes keluar ke udara. Teori lain yang berhembus mengatakan bahwa kapal Ourang Medan menjadi korban serangan UFO atau beberapa jenis kegiatan mistis di laut yang menelan kapal itu.

3. Kapal CALEUCHE

Salah satu yang paling terkenal legenda dari mitologi Chilota Chili selatan menggambarkan Caleuche, sebuah kapal hantu yang muncul setiap malam di dekat pulau Chiloe.
Menurut legenda setempat, mereka melihat dengan nyata bahwa ada sebuah kapal mempunyai semacam layar melintas di perairan sekitar wilayah tersebut, membawa bersamanya Jiwa (arwah) semua orang yang telah tenggelam di laut.
Ketika mereka melihatnya, kapal Caleuche dikatakan bersinar indah dan cerah, dan selalu disertai oleh berbagai suara musik dan orang-orang tertawa. Namun setelah muncul selama beberapa saat, kapal itu kemudian menghilang atau menenggelamkan diri di bawah air. Menurut mitologi Chilota , roh-roh yang tenggelam dipanggil ke kapal oleh Sirena Chilota, Pincoya, dan Picoy, tiga Chilota “roh air” yang mirip dengan putri duyung. Setelah kapal-kapal hantu, yang tenggelam dikatakan untuk dapat melanjutkan kehidupan mereka seperti sebelum mereka mati. 

4. Kapal SS VALENCIA

SS VALENCIA adalah kapal yang tenggelam di lepas pantai Vancouver, British Columbia pada tahun 1906. Kapal itu mengalami cuaca buruk di dekat Cape Mendocino, dan menabrak beberapa batu karang yang besar, dan kapal tersebut mulai tenggelam.
Awak kapal segera mulai menurunkan sekoci bersama 108 penumpang kapal ke dalam air, tetapi beberapa sekoci terbalik dan hanya beberapa saja yang dapat Mereka gunakan., beberapa menit kemudian SS VALENCIA tenggelam , di media valencia di sebutkan bahwa 37 orang selamat dari 108 penumpang yang ada.
Lima bulan kemudian, seorang nelayan  telah menemukan sebuah sekoci dengan 8 kerangka manusia di dekat gua.
Pencarian diluncurkan, tapi tidak menemukan apa pun. Karna tidak menemukan sebuah fakta mengenai Kerangka tersebut SS Valencia akhirnya menjadi sumber berbagai kisah kapal hantu. Akhir Akhir penemuan itu, Banyak nelayan yang melihat kapal hantu di Pachena Point, dan sampai hari ini kapal Tersebut belum bisa di pastikan keberadaanya.
27 tahun setelah tenggelamnya SS Valencia, salah satu SEKOCI itu ditemukan mengambang dengan tenang di dekat Barkley Sound. Sekoci Tersebut, masih terlihat bagus – dan cat lapisannya masih terang...
Sampai Kapanpun Misteri SS VALENCIA Akan di kenang oleh penganut Konspirasi Dengan Nama X FILE..

5. Kapal CARROLL A. DEERING

Mungkin yang paling terkenal hantu kapal dari pesisir Timur adalah Carroll A. Deering, sebuah sekunar yang kandas di dekat Tanjung Hatteras, North Carolina pada tahun 1921.
The Carroll A. Deering dibangun di Bath, Maine, pada tahun 1919 oleh Perusahaan GG Deering untuk penggunaan komersial.. Kapal ini dirancang untuk membawa kargo dan telah bekerja selama satu tahun ketika mulai perjalanan akhir yang misterius.
Kapal ini baru saja kembali dari perjalanan komersial untuk memberikan batubara di Amerika Selatan, dan itu terakhir kali terlihat di selatan Hatteras oleh sebuah kapal suar di dekat Cape Lookout. Itu kandas di Diamond terkenal Shoals, sebuah wilayah yang terkenal akan menyebabkan bangkai kapal, dan duduk di sana selama beberapa hari sebelum bantuan apa pun bisa mencapainya. Ketika mereka tiba, Coast Guard menemukan bahwa kapal itu sepenuhnya ditinggalkan. Peralatan navigasi dan buku catatan hilang, seperti juga dua sekoci, tapi selain itu tidak ada tanda-tanda apapun kecurangan. Sebuah penyelidikan besar-besaran oleh pemerintah AS diikuti, yang menemukan bahwa beberapa kapal lainnya telah menghilang secara misterius sekitar waktu yang sama. Beberapa teori diajukan akhirnya, yang paling populer adalah bahwa kapal menjadi korban bajak laut atau rumrunners. Yang lain menyarankan bahwa mungkin pemberontakan menjadi penyebab, sebagai pasangan pertama Deering dikenal untuk menanggung sebagian permusuhan terhadap para Kapten, tapi tidak ada bukti bahkan telah ditemukan. Misteri kapal hantu yang mengelilingi telah mendorong spekulasi liar, dan banyak yang berpendapat bahwa kegiatan paranormal mungkin telah bertanggung jawab, yang mengutip bagian kapal melalui segitiga bermuda yang terkenal sebagai bukti bahwa semacam fenomena dunia lain mungkin untuk disalahkan. 

6. Kapal THE BAYCHIMO

Salah satu kasus yang paling menakjubkan dari kehidupan nyata mengenai hantu kapal Baychimo, sebuah kapal kargo yang ditinggalkan dan dibiarkan melayang di dekat laut Alaska selama hampir empat puluh tahun. Kapal ini dimiliki oleh Perusahaan Teluk Hudson, dan diluncurkan pada awal 1920-an dan digunakan untuk perdagangan pelts dan bulu dengan Inuit di utara Kanada.
Tapi di tahun 1931, Baychimo menjadi terperangkap dalam kemasan es dekat Alaska, dan setelah banyak usaha yang dilakukan, para kru akhirnya diterbangkan keluar dari daerah ke tempat yang aman.
Setelah badai salju yang berat, kapal berhasil melepaskan diri dari es, tapi kapal itu rusak parah dan ditinggalkan oleh Perusahaan Teluk Hudson, yang beranggapan itu tidak akan bertahan di musim dingin. Herannya, Baychimo berhasil tetap bertahan, dan selama 38 tahun, itu tetap terapung di perairan Alaska. Kapal menjadi semacam legenda setempat, dan sering terlihat mengambang tanpa tujuan di dekat paket es yang membeku oleh Eskimo dan kapal lain. Saat itu naik beberapa kali, tapi kondisi cuaca selalu membuat menyelamatkan hampir mustahil. The Baychimo ini terakhir terlihat pada tahun 1969, sekali lagi membeku di dalam es dari Alaska, tetapi sejak itu menghilang. Kapal diyakini telah tenggelam bertahun-tahun, namun baru-baru ini beberapa ekspedisi telah diluncurkan dalam pencarian kapal hantu yang sekarang terhitung telah hilang hampir 80 tahun lamanya itu.

7. Kapal LADY LOVIBOND

Inggris memiliki tradisi panjang legenda tentang hantu kapal, dan Lady Lovibond ini mungkin yang paling terkenal. Sebagai jalan ceritanya, Lady Lovibond kapten, Simon Peel, baru saja menikah, dan memutuskan untuk merayakannya di atas sebuah kapal pesiar.
Dia membawa pengantin barunya., sepanjang-akan berlangsung lama pelayaran terhadap keyakinan bahwa membawa seorang wanita di papan perahu adalah nasib buruk-dan berlayar pada 13 Februari 1748. Sayangnya untuk Peel, mate pertamanya juga jatuh cinta dengan istri barunya, dan setelah menonton perayaan, orang menjadi marah dan kewalahan dengan kecemburuan dan sengaja mengarahkan perahu ke Goodwind Sands mematikan, sebuah bar pasir yang terkenal karena sering menyebabkan kecelakaan kapal. Lady Lovibond tenggelam, menewaskan semua penumpang.
Sebagai legenda berjalan, sejak kecelakaan itu Lady Lovibond dapat dilihat berlayar di perairan sekitar Kent setiap 50 tahun. Hal ini terlihat pada tahun 1798 oleh beberapa kapten kapal yang berbeda, serta pada tahun 1848 dan 1898, ketika itu seharusnya tampak begitu nyata bahwa beberapa kapal, berpikir itu sebuah kapal dalam kesusahan, sebenarnya dikirim rakit untuk membantu itu. Lady Lovibond kembali terlihat pada tahun 1948, dan sementara tidak ada penampakan dikonfirmasi pada tahun terakhir di tahun 1998, dan terus menjadi salah satu yang paling terkenal legenda kapal hantu di Eropa.

8. Kapal THE MARY CELESTE

Tidak diragukan lagi yang paling terkenal dari semua kehidupan nyata hantu kapal, Mary Celeste adalah kapal dagang yang ditemukan gelandangan dan terapung-apung di Samudera Atlantik pada tahun 1872.
Kapal itu dalam kondisi layak laut, dengan segala layar masih terjaga dan toko penuh makanan dalam kargo, tapi hidupnya perahu, kapten buku log dan, yang lebih penting, seluruh kru, menghilang secara misterius. Tidak ada tanda-tanda perjuangan, dan barang-barang pribadi dari kru dan kargo dari lebih dari 1500 barel alkohol tersentuh, tampaknya mengesampingkan kemungkinan pembajakan sebagai penjelasan. Pada tahun-tahun sejak penemuan aneh, sejumlah teori telah diusulkan mengenai kemungkinan nasib kru Mary Celeste. Ini termasuk bahwa mereka penumpang tewas akibat puting beliung, bahwa awak memberontak, atau bahkan makan tepung yang terkontaminasi dengan jamur membawa semua penumpang untuk berhalusinasi dan menjadi gila. Teori yang paling mungkin tetap bahwa badai atau beberapa jenis masalah teknis memimpin sebelum waktunya meninggalkan kru untuk kapal dalam sekoci, dan bahwa mereka kemudian meninggal di laut. Namun, misteri yang mengelilingi Mary Celeste telah menimbulkan banyak spekulasi liar, dan lain-lain telah mengusulkan segalanya dari hantu ke laut monster dan mungkin penjelasan mengenai penculikan orang asing.

9. Kapal THE JOYITA

The Joyita adalah merupakan perahu sewaan seorang nelayan yang ditemukan ditinggalkan di Pasifik Selatan pada tahun 1955. Kapal, bersama dengan 25 penumpang dan awak, sedang dalam perjalanan ke Kepulauan Tokelau ketika sesuatu terjadi, dan tidak sampai beberapa jam kemudian bahwa Joyita terlambat dilaporkan dan upaya penyelamatan diluncurkan.
Sebuah pencarian udara besar-besaran dilakukan, tapi gagal menemukan kapal yang hilang, dan tidak sampai lima minggu kemudian bahwa kapal dagang tersandung atas Joyita hanyut sekitar 600 mil dari aslinya saja. Tidak ada tanda-tanda dari penumpang, kru, kargo, atau kehidupan rakit, dan kapal itu rusak dan daftar cukup parah ke satu sisi. Pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak yang berwenang menemukan bahwa radio kapal disetel untuk tanda bahaya universal, dan pencarian dari geladak menemukan tas dokter dan beberapa perban berdarah. Tak satu pun dari awak atau penumpang yang pernah terlihat lagi, dan misteri dari apa yang terjadi belum pernah terungkap. Teori yang paling populer adalah bahwa seluruh penumpang dibunuh oleh bajak laut dan melemparkan tubuh mereka ke laut, tapi klaim lain menyatakan bahwa ini termasuk segala sesuatu dari pemberontakan dan penculikan penipuan asuransi.

10. Kapal THE OCTAVIUS

Dongeng tentang kapal The Octavius merupakan salah satu dari banyak kisah kapal hantu terkenal di dunia. Cerita ini berawal dari sebuah Kapal penangkap ikan paus bernama Herald tahun 1775 di laut Arktik yang secara tidak sengaja menemukan sebuah kapal besar terapung-apung di lautan.
Ketika di Dekati baru diketahui kapal tersebut bernama lambung The Octavius, The Octavius sendiri juga merupakan kapal penangkap ikan paus, tak ada tanda-tanda kehidupan di Kapal tersebut hingga seorang kru kapal Herald memberanikan diri untuk menaiki kapal tersebut.
Secara mengejutkan kru tersebut menemukan puluhan mayat kru kapal The Octavius tergeletak membeku, diduga kru-kru tersebut mati kedinginan setelah lama tersesat di laut Arktik dan kehabisan bekal. Yang paling mencengangkan ternyata Kapal The Octavius telah dilaporkan hilang 13 Tahun yang lalu, jadi selama jeda waktu tersebut Kapal tersebut hanya terombang-ambing di lautan, setelah penemuan kapal tersebut hingga kini tersiar kabar banyak kapal-kapal penangkap ikan melihat penampakan The Octavius di Lautan Arktik, namun ketika didekati kapal tersebut mendadak menghilang di dalam kabut.

Description: Legenda 10 Kapal Hantu Menyeramkan di Dunia
Rating: 4.5

Related Post



3 komentar:

Post a Comment